Langsung ke konten utama

KUNCI SUKSES MENUNTUT ILMU

Cita-cita itu harus besar bahkan ada pepatah yang mengatakan bahwa gantung cita-citamu setinggi langit. Maksudnya cita-cita itu harus dikejar dengan maksimal, dengan cara menghilangkan penghalangnya. Penghalang yang sering dihadapi adalah kemalasan. Hilangkan kemalasan dan mulailah langkah-langkah kecil secara terus menerus. Niscaya cita-cita itu akan terwujud dikemudian hari. 

Adapun kunci-kunci tersebut adalah:

Pertama.

Keihlasan dalam menuntut ilmu adalah awal dari kesuksesan. Ihlas artinya melakukan sesuatu karena Allah. Bukan dipamerkan ke orang lain, bukan untuk dipuji dan sifat lsinnya. Kejarlah ilmu niscaya kesuksesan akan datang. Ilmu dapat memelihara kita dan membuat kita kaya. Ilmu tidak akan hilang. 

Kedua 

Mendekatkan diri kepada Allah, dengan jalan menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mendekatkan diri kepadanta diantaranya sholat, puasa, beramal shaleh, menyayangi anak yatim dan lainnya. Kalau kita dekat maka Allah juga dekat dan mau membantu memudahkan urusan kita. 

Ketiga

Jauhi maksiat atau dosa, karena melakukan maksiat akan menjauhkan rahmat Allah kepada hambanya. Bukankah Allah telah mengatakan bahwa musibah yang menimpah kita karena dosa-dosa yang kita lakukan. Hanya saja Allah itu maha pengasih dan maha penyayang. Beberapa umat nabi terdahulu ditimpakan azab seperti umat Nabi Luth, Umat Nabi Nuh, dan masih banyak lagi yang lain. 

Ilmu itu akan muda masuk bagi orang yang hatinya bersih. 

Keempat
 
Keberhasilan dalam menuntut ilmu akan diperoleh apabila kita bersungguh-sunggu. Apa yang kita dapatkan sesuai dengan usaha kita. Jadi keberhasilan itu kita yang tentukan.  Keberhasilan kita hari ini adalah buah dari usaha kita pada masa lampau. Keberhasilan masa yang akan datang ditentukan oleh usaha kita hari ini.  Disamping itu kita juga harus konsisten, tekun dan pantang menyerah. 

Kelima. Hormati guru dan cintai pelajaran. Menghormati guru adalah kunci keberkahan ilmu yang didapatkan. Kemudian cintai pelajaran…apa bila anda sudah mencintai mata pelajaran maka anda akan sanggup berkorban untuk mendapatkan apa yang telah anda citai tersebut.

Keenam. pilih teman yang terbaik. agar bisa memotivasi kita untuk lebih giat belajar. Teman menjadi Sesutu yang sangat urgen. Berteman dengan orang rajin kita akan terbawa rajin, berteman dengan orang sukses kita akan terbawa suses, begitu juga sebaliknya.

Ketujuh. jaga kesehatan. karena ada istilah yg mengatakan: tubuh yg sehat akan menghasilkan pemikiran yang cemerlang. jadi kesehatan sangat erat kaitannya dengan pemikiran kita. Makan makanan bergizi, istrahat yang cukup, atur jadwal kegiatan dengan rapi agar tidak terjadi kezhaliman terhadap diri sendiri.

Kedelapan. bantu teman untuk sukses.(jangan ingin sukses sendiri) jika kita membantu teman untuk sukses, insya allah Allah akan membantu kita untuk mencapai kesuksesan. Sukses yang sebenarnya adalah: kita sukses dan orang sekeliling kita ikut sukses. Kaya yang sebenarnya adalah: kita kaya, dan orang disekeliling kita bisa ikut menikmati hasil kekayaan kita. Kerjasama dan saling membagi menjadi kunci kesuksesan.

Kesembilan. banyak berdo'a. karena do'a adalah senjata bagi orang beriman. yang berhak memberikan kesuksesan tersebut adalah AllahSwt, maka memintalah kepadanya diwaktu yg mustajab. seperti ketika shalat tahajud, selesai melaksanakan shalat wajib. dan diwaktu yg lainnya. Dan jangan lupa minta dido’akan oleh orang tua dan orang-orang shaleh, karena do’a mereka mustajab.

Kesepuluh. tawakal(berserah diri kepada allahSwt). karena Allah lebih tau hasil yang terbaik buat kita. agar kita tidak suuzhan (buruk sangka)kepada AllahSwt. Setelah menerimahasil nantinya. *****bertekatlah untuk memberikan kado terbaik buat orang tua dan keluarga berupa berita gembira dari hasil akademis kita. Inilah kado dariku buatmu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEKURANGAN KEMASAN KAYU

Kemasan kayu memiliki banyak kelebihan jika dibanding kemasan sejenis lainnya seperti besi, pelastik ataupun rotan. Kelebihan yang dimaksudkan adalah dari segi mekanis atau kekuatannya. Kayu memiliki kekuatan saat ditekan dan agak lentur. Segi estetika kayu memiliki keindahan dan memiliki tekstur yang bagus dan kayu memiliki banyak variasi. Sehingga kita bisa membuat kemasan sesuai keinginan. Kayu sifatnya ringan sehingga bisa terapung karena memiliki berat jenis yang ringan.  Misalnya ketika mau mengirim barang peca belah kayu merupakan pilihan terbaik untuk dijadikan sebagai kemasan. Alasannya kayu mampu menjaga barang dari pecah, begitu pula saat pengiriman menghemat biaya karena sangat ringan jika dibandingkan dengan besi.  Disamping kelebihan ternyata kayu juga memiliki kelemahan, diantaranya :  1. Mudah Diserang Serangga Benerapa jenis kayu sifatnya lunak sehingga mudah diserang rayap maupun serangga lainnya. Dengan kelemahan ini maka kita harus menggunakan zat kimia untuk mengat

JENIS-JENIS BAHAN KEMASAN MAKANAN DAN MINUMAN

Kesehatan adalah sesuatu yang paling penting dari hidup kita. Karena kalau kita sehat berarti kita bisa menikmati hidup. Salah satu yang harus kita jaga adalah pola makan. Berbagai jenis makanan yang sering kita maka diantaranya makanan mentah, makanan olahan, makanan yang dikemas dan lain-lain. Baca Juga : Manfaat kemasan daun pisang bagi kesehatan dan kesehatan lingkungan Yang akan kami bahas pada kesempatan ini adalah kemasan. Kemasan sangat mempengaruhi kualitas suatu produk makanan. Kemasan yang kelihatan baik akan lebih disukai oleh konsumen jika dibanding dengan kemasan seadanya atau yang tidak punya kemasan sama sekali. Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan lebih jauh tentang jenis-jenis kemasan. Dalam rangka menjaga kesehatan maka kita pintar memilih kemasan yang akan kita beli atau untuk dijadikan sebagai bahan konsumsi. Tujuan dari penjelasan ini adalah untuk mengetahui resiko yang mungkin timbul saat mengkonsumsi makanan kemasan. Berikut ini beberapa jenis bahan ke

PENGERTIAN, SYARAT, TUJUAN, KEGUNAAN DAN JENIS PENGEMASAN

Kemasan merupakan sesuatu alat yang hampir semua orang menggunakannya, mulai dari mengemas makanan, barang dll. Bahkan hampir semua tumbuhan juga memiliki kemasan alami saat  diciptakan oleh yang kuasa Allah. Misal jagung ada pembungkusnya, jeruk ada kulitnya, padi ada bulirnya,  dll. Pembungkusnya kesemuanya bertujuan untuk melindungi isi dari gangguan luar.  Baca Juga artikel ini :  Kekurangan kemasan kayu Kemasan pelastik dan bahayanya Kemasan Kertas Jenis-jenis Bahan Kemasan dan Minuman Lebel kemasan pada pangan  A. Pengertian Pengemasan  Pengemasan merupakan perlakuan yang diberikan kepada bahan pangan (makanan) atau non pangan baik yang belum diolah maupun yang telah diolah bisa sampai kekonsumen dengan selamat dimana kualitas dan kuantitas tetap terjamin.  B. Tujuan Pengemasan  Adapun tujuan pengemasan yaitu : Memperpanjang daya simpang  Mengamankan atau menyelamatkan produksi bahan pangan yang melimpah. Mencegah atau meminimalkan kerusakan nutrisi/gizi bahan pangan Memberi